HUKUM PERNIKAHAN DAN TALAK DI DALAM SINETRON ATAU FILM

HUKUM PERNIKAHAN DAN TALAK DI DALAM SINETRON ATAU FILM

HUKUM PERNIKAHAN DI FILM / SINETRON

RE VA S     Dalam kehidupan kita ada orang yang selalu menonton sinetron di stasiun tv lokal, sehingga sering terjadi yang namanya rebutan remot dengan anaknya sendiri yang menginginkan nonton sepak bola U 19 yang lagi tour.

Dalam sinetron juga ada hal hal yang sering membuat kita seharusnya bertanya tanya, yaitu semisal ketika terjadi pernikahan antara si tokoh pria dan wanita.

 

Apakah pernikahan yang di sinetron tidak berakibat apa apa Atau bagaimana? Padahal biasanya kedua tokoh yang melakukan perkawinan dalam sinetron sama sama sudah mempunyai pasangan yang sah dalam kehidupan nyata?

Pernikahan dan talak dalam film-film atau sinetron itu tidak berdampak apa-apa karena pemeran hanya berlaku sebagai orang yang menceritakan kisah orang lain sesuai skenario dari sang sutradara.

ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ – ﺍﻟﺒﻜﺮﻱ ﺍﻟﺪﻣﻴﺎﻃﻲ – ﺝ ٤ – ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٩ :

ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻻ ﺃﺛﺮ ﻟﺤﻜﺎﻳﺔ ﻃﻼﻕ ﺍﻟﻐﻴﺮ ﺃﻱ ﻻ ﺿﺮﺭ ﻓﻲ ﺣﻜﺎﻳﺔ ﻃﻼﻕ ﺍﻟﻐﻴﺮ: ﻛﻘﻮﻟﻪ: ﻗﺎﻝ: ﺯﻳﺪ ﺯﻭﺟﺘﻲ ﻃﺎﻟﻖ ﻓﻼ ﺗﻄﻠﻖ ﺯﻭﺟﺔ ﺍﻟﺤﺎﻛﻲ ﻟﻄﻼﻕ ﻏﻴﺮﻩ. ﻭﻗﻮﻟﻪ ﻭﺗﺼﻮﻳﺮ ﺍﻟﻔﻘﻴﻪ: ﺃﻱ ﻭﻻ ﺃﺛﺮ ﻟﺘﺼﻮﻳﺮ ﺍﻟﻔﻘﻴﻪ ﺍﻟﻄﻼﻕ ﻛﺄﻥ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻔﻘﻴﻪ ﺗﺼﻮﻳﺮﺍ ﻟﺼﻮﺭﺓ ﺍﻟﻄﻼﻕ ﺑﺎﻟﺜﻼﺙ. ﺍﻫ

 Dan tidak ada pengaruh sama sekali dalam bercerita talak orang lain. Maksudnya tidak berdampak apa-apa dalam menceritakan talak orang lain seperti perkataan seseorang:

Zaid berkata:

Istriku adalah perempuan yang tercerai, maka istri pencerita tidak menjadi tertalak karena talaknya orang lain.

Dan redaksi matan : dan penggambaran seorang ahli fiqh. Maksudnya dan tidak ada pengaruh sama sekali dalam penggambaran seorang ahli fiqh pada sebuah praktik talak, sebagaimana ahli fiqh berkata untuk menggambarkan praktik talak dengan jatuhnya talak tiga.

Leave your comment here: