ADZAN DAN KETENTUANYA

ADZAN DAN KETENTUANYA

SYARAT SYARAT BERADZAN ADZAN

Di dalam kitab Fathul Mu’in hamisyi I’anatuth Tholibin juz 1 hal. 234,235,236 di jelaskan :

(wa suritho fihima )ae fil adzani wal iqomati (tartibun)ae attartibu al ma’rufi fihima lil itba’i fain ‘akasa walau nasiyan lam yasihha walahu al bina’ ‘alal muntadzimi minhuma walau tarka ba’duhuma ata bihi ma’a ingadati ma ba’dahu (wa wila’un)baina kalimatuhuma na’am la yadurru yasirun kalamun wa sukutun walau ‘amdan wa yusannu an yahmida sirron idza ‘athisa wa an yu’akhirro roddassalami wa tassmiyatul ‘athisi ilal firhoghi(wa jahrun)in adzana au aqoma(lijama’tin)fayanbaghi isma’u wahidin jami’a kalimatahu fa yakfihi isma’u nafsahu faqod(wa waqtun)ae dukhulahu (lighoiri adzana subhin) li anna dzalika lil i’lami fala yajuzu wala yasihhu qoblahu amma adzanassubhi fayasihhu min nisfi lailin.

Yang artinya :

Dan di syaratkan pada keduanya yaitu di daam adzan dan iqomah adalah tartib. Tartib yang telah maklum di keduanya karena itba’ , apabila di balik, meskipun lupa maka tidak sah dan wajib mengulang lagi dari keduanya dengan berurutan, andai di tinngal sebagian dari keduanya maka harus mengulang apa yang telah di tinggal.

Terus menerus di dalam kalimat keduanya betul betul  terus menerus, tidak cela sedikitnya kalam dan diam meskipun di sengaja

Dan tetap di sunnahkan mengucapkan tahmid dengan lirih apabila bersin dan hendaknya ia mengakhirkan menjawab salam dan juga mendo’akan orang yang bersin sampai ia selesai.

Dan keras, untuk adzan dan iqomah, karena akan sholat jama’ah. Maka hendakanya bisa di dengar oleh minimal satu orang seluruh kalimat adzan.

Adapun orang yang adzan atau iqomah untuk dirinya sendiri maka cukuplah untuk bisa di dengar dirinya sendiri

Tepat waktu, artinya waktu masuk sholat, kecuali adzan sholat subuh yang di karenakan adzan tersebut untuk memberitahukan masuknya waktu sholat maka tidak boleh dan tidak sah sebelum masuk waktu sholat, sedangkan adzan subuh maka sah di laksanakan sejak tengah malam.

Leave your comment here: