KUCING YANG MENJADI HAMA APAKAH BOLEH DI BUNUH?

KUCING YANG MENJADI HAMA APAKAH BOLEH DI BUNUH?

HUKUM MEMBUNUH KUCING

kucing        Ada sebuah hadits yang diceritakan dari Ibni ‘Umar Ra. dari Nabi Saw. Bersabda :

Seorang wanita disiksa disebabkan seekor kucing yang dia kurung sehingga mati, maka iapun masuk ke dalam neraka.

Wanita itu tidak memberi kucing itu makan, tidak pula memberinya minum saat ia mengurungnya, serta tidak pula ia membiarkan kucing itu untuk mencari makan dari serangga serangga di bumi. Muttafaq ‘Alaih.

Hadits ini mengindikasikan keharaman membunuh kucing.

Namun Imam al-Damiri di dalam Syarh al-Minhaj mengatakan bahwa menurut qaul Ashoh itu boleh membunuh kucing ketika kucing menjadi hama atau pengganggu, tidak dalam keadaan selainnya.

Dan sedangkan menurut al-Qadhi boleh membunuh kucing meskipun pada saat tidak menjadi pengganggu karena disamakan dengan lima hewan yang boleh untuk dibunuh.

Sedangkan menurut pandangan Ibnu Hajar, bahwa menurut qaul mu’tamad tidak diperbolehkan membunuh kucing walaupun ia menjadi perusak atau hama. Dan menurut al-Qadhi Husain bila menjadi hama maka boleh dibunuh dengan syarat kucing tersebut tidak dalam keadaan hamil, dan bila dalam keadaan hamil maka haram secara mutlak.

Referensi :

ﺳﺒﻞ ﺍﻟﺴﻼﻡ – ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺍﺳﻤﺎﻋﻴﻞ ﺍﻟﻜﺤﻼﻧﻲ – ﺝ – ٣ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٢٣٠ – ٢٣١:6 –

ﻭﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺹ ﻗﺎﻝ: ﻋﺬﺑﺖ ﺍﻣﺮﺃﺓ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ: ﻟﻢ ﺃﻗﻒ ﻋﻠﻰ ﺍﺳﻤﻬﺎ ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ: ﺃﻧﻬﺎ ﺣﻤﻴﺮﻳﺔ ﻭﻓﻲ ﺭﻭﺍﻳﺔ: ﻣﻦ ﺑﻨﻲ ﺇﺳﺮﺍﺋﻴﻞ ﻓﻲ ﻫﺮﺓ ﻫﻲ ﺃﻧﺜﻰ ﺍﻟﺴﻨﻮﺭ ﻭﺍﻟﻬﺮ ﺍﻟﺬﻛﺮ ﺳﺠﻨﺘﻬﺎ ﺣﺘﻰ ﻣﺎﺗﺖ ﻓﺪﺧﻠﺖ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﻓﻴﻬﺎ ﻻ ﻫﻲ ﺃﻃﻌﻤﺘﻬﺎ ﻭﺳﻘﺘﻬﺎ ﺇﺫ ﻫﻲ ﺣﺒﺴﺘﻬﺎ ﻭﻻ ﻫﻲ ﺗﺮﻛﺘﻬﺎ ﺗﺄﻛﻞ ﻣﻦ ﺧﺸﺎﺵ ﺍﻷﺭﺽ ﺑﻔﺘﺢ ﺍﻟﺨﺎﺀ ﺍﻟﻤﻌﺠﻤﺔ ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺿﻤﻬﺎ ﻭﻛﺴﺮﻫﺎ ﻭﺷﻴﻨﻴﻦ ﻣﻌﺠﻤﺘﻴﻦ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﺃﻟﻒ ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﻫﻮﺍﻡ ﺍﻷﺭﺽ ﻣﺘﻔﻖ ﻋﻠﻴﻪ.

ﻭﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺩﻟﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﺗﺤﺮﻳﻢ ﻗﺘﻞ ﺍﻟﻬﺮﺓ ﻷﻧﻪ ﻻ ﻋﺬﺍﺏ ﺇﻻ ﻋﻠﻰ ﻓﻌﻞ ﻣﺤﺮﻡ ﻭﻳﺤﺘﻤﻞ ﺃﻥ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻛﺎﻓﺮﺓ ﻓﻌﺬﺑﺖ ﺑﻜﻔﺮﻫﺎ ﻭﺯﻳﺪﺕ ﻋﺬﺍﺑﺎ ﺑﺴﺒﺐ ﺫﻟﻚ. ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ: ﺃﻧﻬﺎ ﻛﺎﻧﺖ ﻣﺴﻠﻤﺔ ﺇﻧﻤﺎ ﺩﺧﻠﺖ ﺍﻟﻨﺎﺭ ﺑﻬﺬﻩ ﺍﻟﻤﻌﺼﻴﺔ. ﻭﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﻧﻌﻴﻢ ﻓﻲ ﺗﺎﺭﻳﺦ ﺃﺻﺒﻬﺎﻥ: ﻛﺎﻧﺖ ﻛﺎﻓﺮﺓ، ﻭﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻌﺚ ﻭﺍﻟﻨﺸﻮﺭ ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﻓﺎﺳﺘﺤﻘﺖ ﺍﻟﻌﺬﺍﺏ ﺑﻜﻔﺮﻫﺎ ﻭﻇﻠﻤﻬﺎ.

ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺪﻣﻴﺮﻱ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻨﻬﺎﺝ: ﺇﻥ ﺍﻷﺻﺢ ﺃﻥ ﺍﻟﻬﺮﺓ ﻳﺠﻮﺯ ﻗﺘﻠﻬﺎ ﺣﺎﻝ ﻋﺪﻭﻫﺎ ﺩﻭﻥ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺤﺎﻝ. ﻭﺟﻮﺯ ﺍﻟﻘﺎﺿﻲ ﻗﺘﻠﻬﺎ ﻓﻲ ﺣﺎﻝ ﺳﻜﻮﻧﻬﺎ ﺇﻟﺤﺎﻗﺎ ﻟﻬﺎ ﺑﺎﻟﺨﻤﺲ ﺍﻟﻔﻮﺍﺳﻖ. ﻭﻓﻲ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺩﻟﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﺟﻮﺍﺯ ﺍﺗﺨﺎﺫ ﺍﻟﻬﺮﺓ ﻭﺭﺑﻄﻬﺎ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﻬﻤﻞ ﺇﻃﻌﺎﻣﻬﺎ. ﻗﻠﺖ: ﻭﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﺐ ﺇﻃﻌﺎﻡ ﺍﻟﻬﺮﺓ ﺑﻞ ﺍﻟﻮﺍﺟﺐ ﺗﺨﻠﻴﺘﻬﺎ ﺗﺒﻄﺶ ﺑﻨﻔﺴﻬﺎ

ﺍﻟﻤﻮﺳﻮﻋﺔ ﺍﻟﺸﺎﻣﻠﺔ – ﺍﻟﻔﺘﺎﻭﻯ ﺍﻟﻔﻘﻬﻴﺔ ﺍﻟﻜﺒﺮﻯ 9/362:

ﻭﺳﺌﻞ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪﺗﺒﺎﺭﻙ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﻤﺎ ﺻﻮﺭﺗﻪ ﺫﻛﺮ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻌﻤﺎﺩ ﻣﺴﺎﺋﻞ ﺗﺘﻌﻠﻖ ﺑﺎﻟﻬﺮ ﻓﻤﺎ ﺣﺎﺻﻠﻬﺎ ؟

ﻓﺄﺟﺎﺏ ﻧﻔﻌﻨﺎ ﺍﻟﻠﻪ ﺳﺒﺤﺎﻧﻪ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﻌﻠﻮﻣﻪ ﻭﺑﺮﻛﺘﻪ ﺑﻘﻮﻟﻪ ﺍﻟﺤﺎﺻﻞ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻗﺘﻞ ﺍﻟﻬﺮ ﻭﺇﻥ ﺃﻓﺴﺪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻨﻘﻮﻝ ﺍﻟﻤﻌﺘﻤﺪ ﺑﻞ ﻳﺠﺐ ﻋﻠﻰ ﺩﺍﻓﻌﻪ ﺃﻥ ﻳﺮﺍﻋﻲ ﺍﻟﺘﺮﺗﻴﺐ ﻭﺍﻟﺘﺪﺭﻳﺞ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﻓﻊ ﺑﺎﻷﺳﻬﻞ ﻓﺎﻷﺳﻬﻞ ﻛﻤﺎ ﻳﺮﺍﻋﻴﻪ ﺩﺍﻓﻊ ﺍﻟﺼﺎﺋﻞ. ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﻘﺎﺿﻲ ﺣﺴﻴﻦ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﺒﺎﺭﻙ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﻳﺠﻮﺯ ﻗﺘﻠﻪ ﺍﺑﺘﺪﺍﺀ ﺇﺫﺍ ﻋﺮﻑ ﺑﺎﻹﻓﺴﺎﺩ ﻗﻴﺎﺳﺎ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻔﻮﺍﺳﻖ ﺍﻟﺨﻤﺴﺔ ﻧﻌﻢ ﻳﺠﻮﺯ ﻗﺘﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﻭﻝ ﺍﻟﻤﻌﺘﻤﺪ ﻓﻲ ﺻﻮﺭﺓ ﻭﻫﻲ ﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﺃﺧﺬ ﺷﻴﺌﺎ ﻭﻫﺮﺏ ﻭﻏﻠﺐ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻈﻦ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺪﺭﻛﻪ ﻓﻠﻪ ﺭﻣﻴﻪ ﺑﻨﺤﻮ ﺳﻬﻢ ﻟﻴﻌﻮﻗﻪ ﻋﻦ ﺍﻟﻬﺮﺏ . ﻭﺇﻥ ﺃﺩﻯ ﺇﻟﻰ ﻗﺘﻠﻪ ﻭﻣﺤﻠﻪ ﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﺃﻧﺜﻰ ﺣﺎﻣﻼ ﻭﺇﻻ ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺭﻣﻴﻬﺎ ﻣﻄﻠﻘﺎ ﺭﻋﺎﻳﺔ ﻟﺤﻤﻠﻬﺎ ﺇﺫ ﻫﻮ ﻣﺤﺘﺮﻡ ﻟﻢ ﻳﻘﻊ ﻣﻨﻪ ﺟﻨﺎﻳﺔ ﻓﻼ ﻳﻬﺪﺭ ﺑﺠﻨﺎﻳﺔ ﻏﻴﺮﻩ

  1. jendri susilo says:

    Pak,.. Kucing yg saya bunuh tapi tak keinginan hati saya pak dosa nya gimana pak

    • zentijany says:

      ya tetap dosa walaupun kecil. oleh karenanya kita agar berhati hati dalam melangkah,agar jangan sampai menjadikan hilangnya nyawa sesama makhluk

  2. Jajang says:

    Salam. Ustad saya punyak ternak kelinci kecil kecilan. Kelinci saya banyak yg mati dan cacat karena ulah kucing. Apakah saya boleh bunuh kucing tersebut? Terimakasih

  3. Galih says:

    Assalamu’alaikum wr.wb., Ustad, bolehkah membunuh anak kucing yg cacat? karena dikhawatirkan akan menderita jika dibiarkan hidup sampai besar, sebelumnya induk dari anak kucing tersebut hampir memakan anaknya yang cacat itu dan lehernya terluka, tapi karena tidak tega saya pisahkan, dan sekarang saya bingung karena induknya tidak mau menyusuinya, mohon sarannya terimakasih Ustad..

    • zentijany says:

      Wa’alaikum salam wa rohmah, kucing anda jangan di bunuh, usahakan di obati dan di rawat dengan baik, seperti di bawa ke dokter hewan kemudian di kasih susu dan makanan kucing. Nabi Muhammad saw sangat menyayangi binatang, dan ada qaul yang mengatakan bahwa barang siapa yang menyayangi makhluk Alloh maka akan di sayangi oleh Alloh, niatkan semata mata karena Alloh agar semuanya terasa nyaman dan ringan bagi anda. Terima kasih

  4. Nana says:

    Sama kelinci saya jg kakinya hingga bengkak dan akhirnya mati krn digigit kucing. Ingin saya bunuh kucingnya, tp orang tua berkata jangan walaupun hama krn kucing binatang kesayangan nabi Muhammad. Saya jd bingung.

    • zentijany says:

      Benar sekali apa yang anda sampaikan bahwa Nabi memang sngat menyayangi sesama makhluk Alloh termasuk adalah kucing, oleh karenanya semua yang akan kita lakukan harus berdasar atas apa yang sudah di syari’atkan dalam agama, agar apa yang kita lakukan ada yang bertanggung jawab di akhirat di hadapan Alloh, contohnya, kalau kita membunuh kucing yang menjadi hama maka kta mengikuti imam ini, maka nanti di hadapan Alloh ketika kita di sidang ada yang bertanggung jawab atas pembunuhan yang kita lakukan terhadap kucing tersebut, karena dalam kita membunuh mengikuti salah satu qaul ulama yang bertanggung jawab sampai ke akhirat. dan perlu di ketahui bahwa qaul ulama itu benar dan atas petunjuk dari Nabi saw. terima kasih

  5. Galih says:

    Terimakasih Pak Ustad, sudah saya bawa ke dokter untuk dirawat dengan baik agar tidak tersiksa, dan sekarang anak kucing tersebut sudah bisa istirahat dengan tenang

  6. tista bayu sagara says:

    assalamuala’ikum pak ustad sy bnr bnr bingug pak sy baca di postingan sosmed seseorg memelihara burung yg mahal tiba tiba ad se ekor kucing memakan burung tersebut .. dgn di pecah kepalanya itu gmn pak ??

    • zentijany says:

      Wa’alaikum salam wa rohmah, pembaca yang terhormat,,,, Bahwa membunuh kucing yang menjadi hama ada ulama yang memperbolehkan, tetapi juga di dalam membunuhnya agar memakai adab atau akhlak terhadap sesama makhluk Alloh, sebagai mana hukuman mati untuk terpidana mati juga memakai adab.Terima kasih

  7. ahmad says:

    Assalamualaikum ustat,sy pternak burung,ada seekor kucing liar jd hama burung sy,kmudian sy bunuh kcing tsb,& stelah sy tengok ternyata kcng trsb sdng hmil.tp si kucing sdh sy kubur dgn layak. Bgaimn menurut ustad mengenai hal tsbt. Mksh

    • zentijany says:

      wa’alaikum salam wa rohmah, yang telah anda lakukan terhadap kucing tersebut sudah benar, dan masalah ternyata sedang hamil maka menjadi haram, atau anda berdosa, perbanyaklah istighfar dan betaubat kepada Alloh.. semoga di ampuni dan di sukseskan oleh Alloh swt.amin

  8. tnghik says:

    assalamu alaikum
    pak ustad
    saya mau tanya..?
    apa boleh saya membunuh kucing
    dengan alasan.
    si kucing tersebut telah memakan atau mengigit ayam ternak saya.
    dlm semalam yg ketauan sampai 41 ekor.
    mohon penjelasan nya.
    terima ksh Waalaikum salam wrwb.

    • zentijany says:

      WA’ALAIKUM SALAM WA ROHMAH… YANG TERHORMAT PEMBACA WEB KAMI, APA YANG ANDA TANYAKAN JAWABANYA ADALAH BOLEH, SEBAGAIMANA DALAM POSTINGAN KAMI, KARENA KUCING TERSEBUT MENJADI HAMA YANG MERUGIKAN… TERIMA KASIH

  9. Krisma says:

    Assalamu alaikum pa ustad
    Saya mau tanya?
    Apa boleh saya membunuh kucing dengan alasan kucing tersebut sedang sakit yaitu kluar benjolan di bagian duburnya saya sudah mengoperasi kucing saya ke klinik hewan hingga 2 kali operasi.tetapi setiap kali di operasi selalu kembali keluar lagi.hingga saya sudah kehabisan biaya.saya tidak tahu lagi bagaimana cara menyembuhkan kucing saya itu.apakah saya boleh membunuhnya atau tidak pa ustad.??terima kasih

    • zentijany says:

      WA ‘ALAIKUM SALAM WA ROHMAH
      PEMBACA YANG BUDIMAN…
      Menurut al-Qadhi boleh membunuh kucing meskipun pada saat tidak menjadi pengganggu karena disamakan dg lima hewan yg boleh untuk dibunuh.
      SILAHKAN LAKUKAN ISTIKHOROH AGAR DI BERI PETUNJUK OLEH ALLOH SWT. TERIMAKASIH

  10. Damas says:

    Ass pk ustadz
    Saya mu bertanya d rumah sy da kucing kampung yg mn stiap msuk rmh suka kencing smbarangan
    Bahkan kencingnya pun misal d layar tv, padahal air seni kucing kan najis, segala upaya misal rumah sudah di kunci rapet tp tetep bsa msuk kdalam, bs d katakan ini kucing sgat mnjengkelkan bukan kucing biasa karena cerdas milih tmpat untuk d kncingi. Saya smpai jengkel mncari cara spya kucing tdk msuk rmh , Pertanyaanya apakah sy boleh membunuhnya? Karena di tangkap ja susah

    • zentijany says:

      Pembaca yang baik…. Membunuh kucing yang ada dalam kasusu anda boleh boleh saja, mengikuti pendapat Syaikh al Qodli, tetapi alangkah baiknya mencari jalan lain agar terbebas dari gangguan kucing tersebut dengan tanpa membunuhnya, yaitu setip kali datang ke rumah anda, kucing tersebut siramlah dengan air dingin satu gayung, nanti 2 sampai 3 kali kucing itu tidak berani lagi datang ke rumah anda. semoga saja anda selalu di sukseskan oleh Alloh swt. Amin…

  11. Arif Efendi says:

    Assalamualaikum pak ustad”
    Di rumah saya ada kucing yg menjadi hama bagi hewan ternak saya. Yaitu anak ayam. Kucing itu sudah memakan 3 ekor anak ayam saya. Pertama kali kucing itu datang ke kandang dan menggigit anak ayam saya. Lalu saya biarkan saja mungkin kucing itu sedang lapar kemudian saya mengusir nya. Untuk yg kedua kali dan ketiga kali nya dia balik lagi dan memangsa anak ayam saya. Yg ingin saya tanyakan ke pak ustad. Apakah boleh saya membunuh kucing itu yg kemudian nnti saya kuburkan ?

    • zentijany says:

      Wa’alaikum salam wa rohmah… Ya boleh saja. Usahakan dengan niat mengikuti pendapat ulama sebagaimana tertulis di postingan jejakislam.com Terimakasih

  12. Imam says:

    Assalamualaikum, kalau kucing tiap hari mencuri lauk di dalam rumah boleh di bunuh gak?

  13. alus komara says:

    Assalamualaikum pak, saya punya kucing (kucing kampung) suatu saat kakinya terlindas motor, hingga sangat parah, saya tidak mampu untuk membawa nya ke dokter hewan ( bea dokter hewan sangat tinggi ), terbesit niat akan membunuh kucing tersebut, daripada hidup menderita dg kaki luka ( walau sdah berusaha diobati dan diberi makan) , Maaf pertanyaan nya berdosakan saya bila saya mengakhiri hidu kucing tsb ( untuk menghilangkan penderitaanya). Terimakasih

    • zentijany says:

      WA’ALAIKUM SALAM WA ROHMAH, MEMBUNUH KUCING ITU ADA ULAMA YANG BERPENDAPAT BAHWA TIDAK APA, KARENA KUCING DI SAMAKAN DENGAN HEWAN YANG BOLEH DI BUNUH,KALAU MENGIKUTI PENDAPAT INI MAKA MEMBUNUH KUCING ANDA TIDAK BERDOSA. TETAPI SEGALA HAL DENGAN TUJUAN MENOLONG ITU BUKAN DENGAN CARA YANG LEBIH MENYAKITKAN ATAU MEMBUNUH, JADI DIUSAHAKAN UNTUK BISA MENGOBTINYA DENGAN SEGALA CARA SESUAI DENGAN KEMAMPUAN ANDA.TERIMA KASIH

  14. Tinara says:

    Assalamualaikum pak
    Saya punya kucing dirumah, tpi tetangga saya tidak suka dan akhirnya dia membunuh kucing saya dengan diracun
    Bagaimana hukumnya pak?

    • zentijany says:

      WA’ALAIKUM SALAM WA ROHMAH… sAUDARI YANG TERHORMAT. HUKUM AKAN DI TERIMA OLEH SI PELAKU DI AKHIRAT, ADA WANITA YANG MASUK NERAKA KARENA MENJADI PENYEBAB KUCING MATI. TERIMAKASIH

  15. asdini nasutuon says:

    assalamualaikum ustadz ,saya baru saja membunuh anak kucing yang baru lahir dengan cara di buang ke sungai (saya sangat sedih melakukan itu ) . dengan alasan kucing saya sudah terlalu banyak , saya tidak tega buang di darat karna menurut saya sama saja membunuh secara perlahan . bagaimana menurut ustadz? 😭

    • zentijany says:

      wa’alaikum salam wa rohmah, kejam. banyaklah ber istighfar dan membaca sholawat. agar selalu di bimbing batin kita oleh Alloh swt. terimakasih

  16. Susi Kartika dewi says:

    Assalamualaikum, saya mau bertanya 2 kucing dewasa saya sudah di bunuh oleh kucing liar dan kucing tersebut telah banyak membunuh dan memakan anak kucing yg dijumpainya dan sepertinya anak anak kucing tsb spt makanan buat kucing liar tsb, miris saya melihatnya, apakah kucing tsb boleh saya membunuhnya , tapi saya takut dosa ustad

  17. Wahab says:

    Asslamualaukum pak Ustad.
    Kucing tetanģga saya banyak dan tidak diurus shg meresahkan tetangga lain. Saya sudah lapor keluhan ini tp dia cuek saja. Kelakuan kucingnya kencing, buang hajat dan muntah digarasi saya. Saya sudah tutup pagar dengan plastik dan saya kasih oli di setiap celah masuk tp tetap masuk. Saya rencana beli senapan angin bila ketauan kucing tersebut buang hajat sembarangan akan saya tembak.. apa rencana saya ini berdosa pak ustad. Tetangga itu beda agama dan susah diajak kompromi. Habis kesabaran saya pak ustad baru saja dpt kiriman tai kucing di keset depan pintu rumah saya… Terima kasih

  18. Nia says:

    Bagaimna mnurut ustad tindakan tersebut..hal itu dilakukan untuk melindungi diri

  19. Adin Hidayat says:

    Pak ustadz..aku mau tanya apa hukumnya kalau kucing orang lain yg dititipkan pada keluarga saya yg paling di sayangi oleh semua keluarga tp ada 1 orang (kakek saya) di keluarga tsb yg merasa terganggu oleh kucing itu, lalu dia membuangnya tanpa seizin keluarga…malahan orang itu sifatnya 1.otoriter, 2.egois, 3.sok tau. Jadi walaupun keluarga nya bicara padanya tidak dihiraukan/didengarkan bahkan dulunya nasihat, omongan kedua orang tuanya tidak didengar kan. Itu hukumnya apa ?…bahkan seseorang anak di keluarga itu sampai menangis tersedu-sedu karena melihat/tak ingin kucing yg paling disayangi di buang oleh kakeknya.

    • zentijany says:

      Wa’alaikum salam wa rohmah, pembaca yang baik… membuang kucing itu tidak sama dengan membunuh, karena bisa jadi justru si kucing malah tersia sia dan tersiksa, apalagi di lakukan tanpa se izin yang berhaq atas kucing itu. dan kita tidak di perbolehkan menyiksa binatang dalam konteks apapun. ada dua kesalahan dalam membuang kucing itu, salah karena membuangny dan salah karena dalam membuangnya tidak seizin yang berhaq. kemudian usahakanlah cari tahu di mana kucing tersebut di buang kalau kalau si kucing masih bisa kembali, dan juga berilah pengertian yang baik juga dengan cara yang baik terhadap yang membuang agar jangan melakukanya lagi, karena ada wanita yang masuk neraka karena menyiksa kucing. terima kasih

  20. Ryan says:

    Saya mau nanya nih, ibu saya membunuh kucing karna menjadi hama yg makan ayam dan anak2 kelincinya, tpi caranya dengan cara di racun, apakah caranya beradab pak?
    Kalo saya ga tega sih soalnya saya pecinta kucing

    • zentijany says:

      pembaca yang baik, Apa yang di lakukan ibu anda, Ya lebih baik dari pada di siksa dengan kejam secara dzohir. Tetapi usahakan di dalam membunuh hewan jangan sampai seperti di siksa, seperti saja ga boleh apalagi sama dengan di siksa. terima kasih

  21. Pak ustadz saya mau tanya, dirumah saya ada kucing yang nakal sering lari lari diatas genteng sehingga membuat risih org rumah, terus sama ayah saya ditembak pakai senapan angin dibuang ke kebun apakah dosa atau bakalan hidup sial?

    • zentijany says:

      pembaca yang baik….Bahwa apa yang di lakukan ortu anda tidak berakibat apa apa, baik sial dan dosa. terima kasih

  22. Nur says:

    Apakah saya boleh membunuh kucing karena dia sudah memakan anak ayam ku dan 1 di cakar jadi sakit apa saya boleh membunuhnya

  23. Tasya says:

    Assalamualaikum wr.wb
    Saya kan punya induk kucing yg sakit² an parah dan penyakitnya itu menular ke anak-anaknya. Ini anaknya sudah mati 1 😭. Bolehkah saya membunuh induk nya tersebut biar tidak menular ke kucing lainnya. Kucing ini juga kalo kencing dan BAB sembarangan. Di mushollah juga pernah. Sudah dikasih obat jamur tapi masih nggak bisa sembuh. Bulunya juga udah habis soalnya jamur ditubuhnya menyebar. Bolehkah saya membunuh kucing tersebut, jika boleh saya harus membunuhnya dengan cara yang bagaimana
    Terimakasih

    • zentijany says:

      WA’ALAIKUM SALAM WA ROHMAH, BOLEH BOLEH SAJA,TETAPI DENGAN YANG PALING TIDAK MENYAKITKAN. TETAPI LEBIH BAIK LAGI KALAU MENEMPUH JALAN LAIN ATAU TIDAK MEMBNUHNYA, SEPERTI ANAK ANAKNYA DI KASIH ANTI BODY BIAR TIDAK TERTULAR DAN INDUKNYA DI BAWA KE DOKTER HEWAN UNTUK DI OBATI.

  24. Yusran says:

    Maaf.. apapun ceritanya saya TDK akan membunuh kucing saya. Karna yg saya tau, nabi saya begitu sangat menyayangi nya. Saya mencintai nabi saya . Allah juga mengajarkan saya untuk menyayanginya. Jadi itu cukup bagiku

  25. Yusran says:

    Bukankah setiap perbuatan akan di minta pertanggung jawaban di hadapan Allah SWT kelak di akhirat kelak? Bukankah memberikan sesuatu kepada yg memiliki jantung yg basah / hidup itu adalah sedekah meskipun berbagi sedikit makanan ke PD seekor kucing itu juga sedekah? Saya memiliki 2 kucing jantan di rumah, aku sisihkan pendapatanku untuk membelikan makanan tuk keduanya, terkadang aku juga berbagi sedikit makananku untuk kucing jalanan. Aku TDK peduli tentang pendapatanku , karena ku yakin Allah akan menggantinya lagi. Aku ikhlas menyayangi kucing karna Allah SWT dan nabiku Muhammad Saw.

  26. ian jbmm says:

    maaf pak gimana dengan saya yg sdh membunuh kucing liar yg sdh makan banyak burung kesayangan saya pak.awalnya saya ikhlas pak,saya sdh perbaiki kandang jangan sampai kucing masuk, tapi kucing itu masih tetap masuk pak dengan membobol dari atap pak, saya sdh kehabisan kesabaran pak, sdh berbagai cara buat nangkap kucing itu pak tpi tidak bisa,terus saya pakai senapang angin pak, saya jg gak nyangka pak sekali tembak dia mati pak

    • zentijany says:

      iya mas, tidak apa apa, karena ada ulama yang membolehkan membunuh kucing seperti yang ada dalam kasus anda, Terima kasih

  27. al azhar says:

    saya punya 2 anak kucing masih kecil2…semuanya mati diculik dan dibunuh kucing tetangga…apakah kucing tetangga itu boleh saya bunuh?

  28. anonim says:

    saya punya beberapa kucing, ada 1 anak kucing yang terlindas motor dirumah karna kelalaian kakak saya,, saya orangnya tidak tegaan terhadap kucing yg menderita,, apakah saya boleh membunuhnya saja ? saya benar” tidak tega melihat kucing saya mati perlahan” sambil merasakan sakit terus menerus atau bila memungkinkan untuk hidup kucing akan kesulitan mencari makan atau melakukan aktifitas seperti kucing lain dengan kata lain kucing saya hanya akan menderita sepanjang hidupnya

  29. indra says:

    pak ustad

  30. Shofiaryn says:

    Saya mau tanya, adik dan ibu saya suka sekali dengan kucing tp kucingnya sering buang air besar/kecil dan mencret sembarangan di dalam rumah. Takutnya jika tidak terlihat dan terinjak akan najis karena lantainya untuk lewat setelah wudlu, dan juga halaman belakang saya tempat tinggal kucing itu jadi bau dan kotor penuh kotoran kucing. Sudah berkali kali saya bersihkan tapi pasti kotor lagi, apa saya boleh membuang kucing tersebut demi terjaganya kebersihan rumah saya dari najis?

    • zentijany says:

      Ya boleh sekali, usahakan tempat membu dengan mudah, seperti pasar dan lainya. terima kasihangnya adalah tempat di mana si kucing bisa mencari makaan

  31. Anggi septian says:

    Saya sedih anakan kelinci sya d makan trs sama kucing sya berniat membunuhnya pake racun tikus g’mna pak ustad solusinya, trma ksh

    • zentijany says:

      Terima kasih pembaca yang baik,,,,, usahakan di dalam membunuh kucing dengan cara yang tidak menyiksa, sebainya di buang saja ke tempat yang lebih bisa si kucing mencari makan seperti pasar dan lainya.

  32. Riski yunandar says:

    pak saya disuruh sama orang tua saya membuang anak kucing kesungai karena kucing itu suka BAB di dalam rumah bagaimana ya pak apakah itu dosa

    • zentijany says:

      iya pembaca yang baik… sebaiknya jangan di buang di sungai, karena kucing sangat takut dengan air, buang saja di pasar atau tempat yang bisa memudahkan si kucing mencari makan, terima kasih

  33. Tria says:

    Assalamualaikum Pak ustad brp bulan yg lalu says punya kucing yg saya temukan di teras rumah saat kehujanan, saya rawat sebaik mungkin, dia suka ikut days tidur di kasur pake selimut, pas tidur, gak terasa dan tanpa sengaja dia tertimpa badan atau selimut sampai dia mungkin kehabisan oksigen Dan mati😭😭 itu hukumnya bagaimana ya stad ?? Mohon bantuan jawabannya . Terimakasih

  34. Tya says:

    Assalamu ‘alaikum ustadz, bagaimana dengan kucing liar yang dipelihara tetangga tetapi punya kebiasaan selalu buang hajat di rumah saya (menjadi pengganggu). Apakah boleh dibunuh?

    • zentijany says:

      WA’ALAIKUM SALAM… BOLEH SAJA, TETAPI USAHAKAN DENGAN CARA DI HALAU YANG MENJADIKAN SI KUCING TIDAK KEMBALI KE TEMPAT ANDA LAGI, KALAU SUDAH MAKSIMAL USAHA ANDA MAKA SILAHKAN AMBIL TINDAKAN TERAKHIR. TERIMA KASIH

  35. Rony says:

    Assalamuallaikum
    Kucing tetangga selalu obrak abrik makanan di dapur, ambil lauk di acak2 di lantai. Bunuh burung cucak ijo yang saya rawat dr kecil. Manusia lebih sempurna dr binatang, manusia yang engatur binatang bukan kita malah diatur binatang. Hewan maknanya binatang kita ternak tapi pasti ada pemangsa yaitu binatang bukan hewan. Dengan dasar karena mengganggu ternak, binatang kucing apakah boleh dibunuh.

  36. Selvanda says:

    Assalamuallaikum
    Saya tidak sengaja menghilangkan nyawa kucing saya pak ustadz dengan tidak sengaja menggiling kepalanyaa saya sungguh menyesal pak
    Apakah saya berdosa pak ? Apakah sayaa akan di minta pwrtanggung jawabannyaa nanti pak ?

    • zentijany says:

      WA’ALAIKUM SALAM WA ROHMAH… PEMBACA YANG BAIK, Membunuh kucing dengan sengaja saja ada yang membolehkan, sehingga apa yang terjadi dengan diri anda itu insyaalloh tidak sampai berakibat dosa, apalagi kalau di ikuti dengan memperbanyak istighfar dan penyesalan. Terima kasih

  37. Caesa says:

    Assalamualaikum ustad sy mau tanya,karena sy lagi kesal sekali. Di halaman rumah sy ada 3 anak kucing n induknya, sementara tetangga depan rumah sy juga tamunya setiap kali parkir di jalanan kecil depan halaman rumah sy, yg mana jalanan itu masih jadi areal rumah sy. Karena rumah sy tdk ada pagar jadi mereka keluar masuk tanpa izin bahkan kadang di atas jam 12 malam n suara bising mobil n penumpang2 di dlm mobil itu mengganggu ketenangan kami. Ditambah lagi yg buat sy kesal barusan ada mobil yg lagi2 parkir kluar masuk dgn bisingnya (hampir jam 12malam) n menabrak salah satu anak kucing tsb sampai mati. Mungkin dia tdk sengaja, tapi sy pikir karena sudah kebiasaan parkir disini, seharusnya tau lah ada kucing2 suka berseliweran disini. N karena sifatnya yg sembarangan begitu (tdk izin, berisik n ga liat2 keberadaan kucing) membuat anak kucing jadi mati. Itu gimana hukumnya dalam Islam ustad? Terus terang aja sy berharap mudah2an dia cepat kualat gara2 udah bikin tetangga terganggu n anak kucing kehilangan nyawa.

    • zentijany says:

      Wa’alaikum salam wa rohmah, Pembaca yang baik… bahwa dalam masalah yang anda tuliskan. Mohon maaf ya….sebenanrnya justru anda sebagai orang islam tidak boleh mengharapkan kejelekan orang lain dengan kelakuanya, sebaiknya di doakan biar dapet hidayah. lalu masalah kucing yang tertabrak itu mereka juga tidak bersalah, karena sebenarnya hewan apapun di jalan ketika tertabrak pengguna jalan maka kesalahan ada di hewanya atau yang punya hewan tersebut, bukan salah dri pengguna jalanya, sedangkan urusan mengganggu orang lain itu yang jadi masalah, sebaiknya anda konsultasikan dengan ketua lingkungan dan suruhlah ia menasihati dengan baik, ketika sudah di nasihati dengan baik semuanya pasrahkan kepada Alloh swt tentang hasilnya. yang perlu anda ketahui adalah… jangan jangan kalau gangguan yang semacam itu hilang, maka akan di ganti oleh Alloh dengan gangguan yang lebih parah, Na’udzubillah. Belajarlah mengenal kebesaran Alloh akan adanya gangguan dari orang lain, karena gangguan itu bisa semakin membuat kita tinggi derajajatnya di sisi Alloh swt. Terima kasih

Leave your comment here: