KEISTIMEWAAN ROMADLON SEBAGAI BULAN YANG PENUH BERKAH

KEISTIMEWAAN ROMADLON SEBAGAI BULAN YANG PENUH BERKAH

ROMADLON

             Dalam kita berpuasa romadlon tentu ingin agar bisa menambah pahala dan bertambah dekat kepada Alloh…

Di samping itu otomatis kita juga berharap agar dengan melakukan puasa romadlon nanti menjadikan adanya perubahan dalam diri kita dari yang biasa saja menjadi luar biasa cinta kepada Rosululloh dan kepada Alloh. Karena memang semua ibadah yang di syari’atkan kepada umat islam adalah agar umat islam ini bisa berubah dari yang buruk menjadi lebih baik dan bertambah dekat dengan Alloh.

Keutamaan ibadah puasa termaktub dalam Firman Alloh berikut ini :

ياأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ  [البقرة:183]

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

Juga di dalam sabda Rosululloh Saw :

قال رسول الله ( : ( من صام رمضان إيماناً واحتساباً غفر له ما تقدم من ذنبه )

Rosululloh bersabda barang siapa berpuasa dibulan romadlon dengan iman dan mencari pahala maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yg telah lampau

Juga di dalam hadits yang lain :

أخبار مكة للفاكهي (4/ 228، بترقيم الشاملة آليا) 1512 – وحدثني إسماعيل بن محمود قال : ثنا إبراهيم بن أحمد الخزاعي قال : ثنا إبراهيم بن هدبة ، عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « لو أذن الله تعالى للسماوات والأرض أن تكلما لبشرتا من صام شهر رمضان بالجنة »

Menceritakan kepadaku ismail bin mahmud,beliau berkata : Menceritakan kepada ibrohim bin ahmad alkhoza’i beliau berkata : Menceritakan kepadaku ibrohim bin hadbah dari Anas bin malik Ra berkata : Rosululloh SAW telah bersabda :

Seandainya Alloh memberi idzin pada langit dan bumi untuk berbicara niscaya mereka akan memberi kabar gembira atas orang yang berpuasa romadlon dengan surga

Dalam hadits yang lain ulama menjelaskan kepada kita bahwa kenapa Romadlon sebagai bulan puasa di sebut dengan nama Romadlon.

أحاديث مختارة من الصحيحين (ص: 9) رمضان : سمي بذلك قيل : لأنه ترمض فيه الذنوب ، وقيل : وافق ابتداء الصوم فيه

زمناً حاراً

Romadlon dinamakan dengan sebutan Romadlon menurut suatu pendapat karena dibulan itu dosa dosa pada dibakar ada juga yang berpendapat karena permulaan puasa pada saat itu bertepatan dimusim panas

Juga dalam hadits yang di sebutkan di dalam kitabnya Imam Mawardi bahwa :

الحاوى الكبير ـ الماوردى (3/ 854) وَقَدْ رَوَى أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ {صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ} قَالَ : إِنَّمَا سُمِّيَ رَمَضَانُ : لِأَنَّهُ يَرْمِضُ الذُّنُوبَ أَيْ : يَحْرِقُهَا وَيَذْهَبُ بِهَا

Anas bin malik bercerita bahwa Rosululloh SAW bersabda :

Dinamakan romadlon karena membakar dosa dalam arti membakar sekaligus melenyapkan dosa

Begitu juga dalam kitab Hasyiyah al Bujairomi alal Khotib di jelaskan :

حاشية البجيرمي على الخطيب (12/ 43) وَرَمَضَانَ لِرَمَضِ الذُّنُوبِ فِيهِ ، لِأَنَّهُ يُرْمِضُ الذُّنُوبَ أَيْ يُحْرِقُهَا ، وَقِيلَ : لِأَنَّ الْقُلُوبَ تُؤْخَذُ فِيهِ مِنْ حَرَارَةِ الْمَوْعِظَةِ ، وَقِيلَ : سُمِّيَ رَمَضَانَ ، لِأَنَّهُمْ لَمَّا نَقَلُوا أَسْمَاءَ الشُّهُورِ عَنْ اللُّغَةِ الْقَدِيمَةِ سَمَّوْهَا بِالْأَزْمِنَةِ الَّتِي وَقَعَتْ فِيهَا فَوَافَقَ زَمَنَ الْحَرِّ وَالرَّمَضِ ،

Dinamakan romadlon karena dibulan itu untuk membakar dosa karena pada bulan itu dosa dosa pada dibakar, dikatakan karena hati dibulan itu menerima panasnya mauidzoh, dikatakan bahwa dinamakan romadlon karena masyarakat terdahulu memberi nama pada bulan bulan dengan bahasa terdahulu, mereka menamakan bulan dengan musim yang bertepatan pada bulan tersebut dan romadlon pas bertepatan dengan musim panas .

Kemudian ada hadits hadits yang menginformasikan kepada kita tentang bulan Romadlon di antaranya adalah :

1. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra: Bahwa sesungguhnya Rosululloh saw. pernah bersabda: Ketika datang bulan Romadlon: Sungguh telah datang kepadamu bulan yang penuh berkat, diwajibkan atas kamu untuk shaum, dalam bulan ini pintu Jannah dibuka, pintu Neraka ditutup, Setan-Setan dibelenggu. Dalam bulan ini ada suatu malam yang nilanya sama dengan seribu bulan, maka barangsiapa diharamkan kebaikannya (tidak beramal baik di dalamnya), sungguh telah diharamkan (tidak mendapat kebaikan di bulan lain seperti di bulan ini).(HR. Ahmad, Nasai dan Baihaqy. Hadits Shohih Lighoirihi).

2. Diriwayatkan dari Urfujah, ia berkata: Aku berada di tempat Uqbah bin Furqad, maka masuklah ke tempat kami seorang dari Sahabat Nabi saw. ketika Utbah melihatnya ia merasa takut padanya, maka ia diam. ia berkata: maka ia menerangkan tentang shaum Romadlon ia berkata: Saya telah mendengar Rosululloh saw bersabda tentang bulan Romadlon: Di bulan Romadlon ditutup seluruh pintu Neraka, dibuka seluruh pintu Jannah, dan dalam bulan ini Setan dibelenggu. Selanjutnya ia berkata : Dan dalam bulan ini ada malaikat yang selalu menyeru: Wahai orang yang selalu mencari/ beramal kebaikan bergembiralah anda, dan wahai orang-orang yang mencari/berbuat kejelekan berhentilah (dari perbuatan jahat) . Seruan ini terus didengungkan sampai akhir bulan Romadlon.(Riwayat Ahmad dan Nasai)

3. Diriwayatkan dari Abi Hurairah ra. Sesungguhnya Nabi saw. telah bersabda: Shalat Lima waktu, Shalat Jum’at sampai Shalat Jum’at berikutnya, Shaum Romadlon sampai Shaum Romadlon berikutnya, adalah menutup dosa-dosa (kecil) yang diperbuat diantara keduanya, bila dosa-dosa besar dijauhi.(H.R.Muslim)

4. Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru, bahwa sesungguhnya Nabi saw. telah bersabda: Shaum dan Qur’an itu memintakan syafa?at seseorang hamba di hari Kiamat nanti. Shaum berkata: Wahai Robbku,aku telah mencegah dia memakan makanan dan menyalurkan syahwatnya di siang hari, maka berilah aku hak untuk memintakan syafa’at baginya. Dan berkata pula AL-Qur’an: Wahai Rabbku aku telah mencegah dia tidur di malam hari (karena membacaku), maka berilah aku hak untuk memintakan syafaat baginya. Maka keduanya diberi hak untuk memmintakan syafaat. (H.R. Ahmad, Hadits Hasan).

5. Diriwayatkan dari Sahal bin Sa’ad: Sesungguhnya Nabi saw telah bersabda: bahwa sesungguhnya bagi Jannah itu ada sebuah pintu yang disebut Royyan. Pada hari kiamat dikatakan: Dimana orang yang shaum? (untuk masuk Jannah melalui pintu itu), jika yang terakhir diantara mereka sudah memasuki pintu itu, maka ditutuplah pintu itu. (HR. Bukhory Muslim).

6. Rosululloh saw. bersabda: Barangsiapa shoum Romadlon karena beriman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu dan yang sekarang (HR.Bukhory Muslim).

KESIMPULAN:

Kesemua Hadits di atas memberi pelajaran kepada kita, tentang keutamaan bulan

Romadlon dan keutamaan beramal didalamnya, di antaranya:

1. Bulan Romadlon adalah:

a. Bulan yang penuh Barakah.

b. Pada bulan ini pintu Jannah dibuka dan pintu neraka ditutup.

c. Pada bulan ini Setan-Setan dibelenggu.

d. Dalam bulan ini ada satu malam yang keutamaan beramal didalamnya lebih baik

daripada beramal seribu bulan di bulan lain, yakni malam LAILATUL QADR.

e. Pada bulan ini setiap hari ada malaikat yang menyeru menasehati siapa yang berbuat baik agar bergembira dan yang berbuat ma’shiyat agar menahan diri.

(dalil 1 & 2).

2. Keutamaan beramal di bulan Romadlon antara lain:

a. Amal itu dapat menutup dosa-dosa kecil antara setelah Ramadhan yang lewat sampai dengan Ramadlon berikutnya.

b. Menjadikan bulan Romadlon memintakan syfa’at.

c. Khusus bagi yang shaum disediakan pintu khusus yang bernama Royyan untuk memasuki Jannah. (dalil 3, 4, 5 dan 6).

Semoga datangnya bulan romadlon yang penuh barokah dan ampunan ini bisa menjadikan pribadi kita menjadi lebih baik dan jauh lebih baik untuk menuju ketaqwaan kepada Alloh, yaitu menjalankan seluruh perintah Alloh dan menjauhi laranganNya..Amin

Leave your comment here: