AKAD NIKAD VIA TELPON DAN MEMBERI PESANGON ISTRI YANG DI CERAI

AKAD NIKAD VIA TELPON DAN MEMBERI PESANGON ISTRI YANG DI CERAI

per               Ijab qabul dalam akad nikah melalui telepon hukumnya tidak sah, sebab tidak ada pertemuan langsung antara orang yang melaksanakan akad nikah.

Dasar hukum

  1. Kifayatul Akhyar II/5

(فرع) يُشْتَرَطُ فِى صِحَّةِ عَقْدِ النِّكَاحِ حُضُورُ أَرْبَعَةٍ: وَلِىٍّ وَزَوْجٍ وَشَاهِدَيْ عَدْلٍ.

Artinya: (Cabang) dan disyaratkan dalam keabsahan akad nikah hadirnya empat orang ; wali,calon pengantin dan dua orang saksi yang adil.

  1. Tuhfatul Habib ala Syarhil Khatib III/335

وَمِمَّاتَرَكَهُ مِنْ شُرُوطِ الشَّاهِدَيْنِ السَّمْعُ وَالبَصَرُ وَالضَبْطُ. (قوله والضبط) أَيْ لألْفَاظِ وَلِىِّ الزَّوْجَةِ وَالزَّوْجِ فَلاَ يَكْفِي سِمَاعُ أَلْفَاظِهِمَا فِي ظُلْمَةٍ لأَنَّ الأصْوَاتِ تَشْبِيْهٌ.

mendengar, melihat dan (dlobith) membenarkan adalah bagian dari syarat diperkenankannya dua orang saksi. (pernyataan penyusun ‘wa al dlobthu) maksudnya lafadz (pengucapan) dari wali pengantin putri dan pengantin pria, maka tidaklah cukup mendengar lafadz (perkataan) mereka berdua dikegelapan, karena suara itu (mengandung) keserupaan).

Kemudian, masalah Memberikan mut’ah (uang pesangon) kepada isteri yang difurqah/dicerai hukumnya adalah wajib dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Sebab perceraian bukan dari pihak isteri dan bukan karena kematian salah satu suami isteri dan juga bukan dari keduanya.
  2. Sebelum terjadinya perceraian, isteri tersebut sudah pernah dikumpuli.
  3. Atau belum pernah dikumpuli, akan tetapi dia sebagai isteri yang mufawwidlah merelakan dikawin tanpa mahar dan dicerai sebelum adanya penentuan mahar.

Dasar Hukum

I’anah al Tholibin juz 3 Hal. 356

تتمة تجب عليه لزوجة وطوعة ولو أمة متعة بفراق بغير سببها وبغير موت أحدهما قوله (لزوجة موطوعة) وكذا غير الموطوعة التي لم يجب لهل شيء أصلا وهو المفوضة التي طلقت قبل الفرض والوطء فتجب لها المتعة لقوله تعالى: لا جناح عليكم إن طلقتم النساء مالم تمسوهن أو تفرضوا لهن فريضة و متعوهن. أماالتي وجب لها نصف المهر فلا متعة لها لأن النصف جابر للإيحاش الذي حصل لها بالطلاق مع سلامة بضعها ولو قال كغيره لزوجة لم يجب لها نصف مهر فقط بأن لم يجب لها المهر أصلا أو وجب لها المهر كله لكان أولى لها في عبارته من الإيهام الذي لا يخفى.

Leave your comment here: