MEMBICARAKAN NIKMATNYA RASA MAKANAN YANG SEDANG KITA MAKAN

MEMBICARAKAN NIKMATNYA RASA MAKANAN YANG SEDANG KITA MAKAN

  ENN         Keindahan dan kenyamanan alam sekitar kita terkadang terlupakan untuk di syukuri keberadaanya, banyak orang yang tidak peduli dengan melakukan perusakan dan pencemaran terhadap anugerah yang agung ini, bahkan banyak dari kita umat manusia yang dengan sengaja menjadikan bukti bukti adanya Alloh ini sebagai lahan bermaksiat kepada sang maha kuasa. Sebenarnya, banyak hal hal yang biasa terjadi dan kita alamai yang berkaitan dengan alam ini, yang apabila kita syukuri akan menjadikan segalanya memenuhi nikmat yang sangat besar ukuranya. Seagai perumpamaan adalah tumbuh tumbuhan di pekarangan atau lingkungan kita, ternyata kehijauanya, kesuburanya serta berbagai jenisnya, mempunyai banyak sekali manfaat dan terdapat banyak sekali kandungan gizi yang apabila kita konsumsi maka akan menjadikan kita sehat secara jasmani.

Hal semacam ini sering tercermin dari keberlangsungan kita semua dalam menjalani hidup dengan menunggu waktu di lakukanya tugas sekaligus perintah oleh Alloh pada malaikat Izroil mencabut nyawa kita untuk di sowankan menghadap Alloh yang maha mulia, dalam menjalani adegan kehidupan ini, sering kita membiarkan peluang untuk dapat mengingat tuhan dengan membiarkanya tetap tanpa ada arti dan makna. Yang sangat sering terjadi adalah Tatkala kita makan bersama dengan teman teman kita, kita sangat sering kehilangan jati diri kita sebagai seorang hamba, karena di dalam menikmati hidangan yang begitu lezat, ternyata sedikit sekali di dalam hati kita mensyukuri betapa banyak dan berlimpah karunia dan nikmat yang Alloh berikan kepada kita. Lidah kita, bibir kita, gigi kita, tenggorokan kita, semuanya terlewatkan untuk kita syukuri kesehatanya, karena begitu lezat makanan yang kita konsumsi apalagi karena bersama teman teman kita, bahkan, di saat kondisi mulut sedang mengunyah, kita sering tetap sambil berkata kata dan mengobrol dengan teman makan kita, dan anda harus ingat, bahwa Kata orang tua dulu jika makan tidak boleh sambil bicara. Baiklah…. mari kita bahas masalah yang ini saja, kalau kita membahas mensyukuri nikmat di saat kita makan, kayaknya terlalu tinggi untuk kita, wallaupun kita harus tetap berusaha semaksimal mungkin agar ketika kita makan bisa bersyukur kepada yang maha kuasa.

Sebenarnya, Bagaimanakah hukumnya makan sambil berbicara menurut syare’at islam ?

JAWABAN :

Boleh berbicara di saat makan, namun tidak di saat sedang mengunyah makanan (saat makanan ada di dalam mulut). Bahkan agar orang-orang yang sedang makan bersama merasa senang, sebenarnya dianjurkan berbicara yang baik-baik seperti memuji makanannya, bercerita tentang orang-orang shalih yang berkaitan dengan makanan dan lain-lain. Imam Nawawi dalam kitabnya al-Adzkar menyatakan : “Bab dianjurkan berbicara ketika makan. Berkenaan dengan ini terdapat sebuah hadits yang dibawakan oleh Jabir radhiyallahu ‘anhu sebagaimana yang telah kami kemukakan dalam sub “Bab memuji makanan”. Imam Abu Hamid al-Ghazali dalam kitab al-Ihya mengatakan bahwa termasuk etika makan ialah membicarakan hal-hal yang baik sambil makan, membicarakan kisah orang-orang yang shalih dalam makanan dan lainnya”. Wallahu a’lam.

Referensi :

Kitab al-Adzkar Nawawi :

بابُ استحباب الكَلامِ على الطَّعام. فيه حديث جابر الذي قدَّمناه في ” باب مدح الطعام “.قال الإِمام أبو حامد الغزالي في ” الإِحياء ” من آداب الطعام أن يتحدَّثوا في حال أكله بالمعروف، ويتحدّثوا بحكايات الصالحين في الأطعمة وغيرها

Kitab Ittihafussadatil Muttaqin (5/229) :

ويتحدثون بحكايات الصالحين في الاطعمة وغيرها) ليعتبروا بذلك ولكن لا يتكلم وهو يمضغ اللقمة فربما يبدو منها شئ فيقذر الطعام

Kitab Akhlaq lilbanin. (3/42) :

اخلاق للبنين : ج٣ ص٤٢

ومن الأدب أيضا : أن لا تشرب اوتتكلم واللقمة فى فمك

Kitab Shohih Muslim (14/7) :

صحيح مسلم (14/7

وَفِيهِ اِسْتِحْبَاب الْحَدِيث عَلَى الْأَكْل تَأْنِيسًا لِلْآكِلِينَ

Leave your comment here: