KEUTAMAAN DAN DALIL MENGADZANI BAYI YANG BARU LAHIR

KEUTAMAAN DAN DALIL MENGADZANI BAYI YANG BARU LAHIR

Dalil Adzan Untuk Bayi Yang Baru Dilahirkan

Mengumandangkan adzan untuk bayi yang baru dilahirkan hukumnya adalah sunnah. Begitu pula dengan iqamah, para ulama telah sepakat bahwa hukumnya sunnah .

ويندب الأذان لأمور أخرى غير الصلاة منها الأذان فى أذن المولود اليمنى عند ولاد ته كما تندب الاقامة فى اليسرى. (الفقه الاسلامى وادلته, ج 1 ص 561)

“Adzan juga disunnahkan untuk perkara yang selain shalat, diantaranya adalah adzan di telinga kanan anak yang baru dilahirkan. Seperti halnya sunnah untuk melakukan iqamah ditelinga kirinya.” (Al-Faqih al Islami wa Adillatuh, Juz I, hal 561).

Disamping itu, kesunahan ini dapat diketahui dari sabda Nabi SAW yang diriwayatkan oleh ‘Ubaidillah bin Abi Rafi’:

عن عبيدة الله بن را فع عن ابيه قال رايت رسول الله صلّى الله عليه وسلم أّ ذّن فى أذن الحسن بن عليّ حين ولدته فاطمة با لصلاة. (سنن ابى داود, رقم 4441)

“Dari Ubaidillah bin Abi Rafi’ RA, dari ayahnya. ‘Aku melihat Rasulullah SAWmenguamandangkan Adzan di telingan Husain bin Ali RA ketika Siti Fatimah melahirkannya. (yakni) dengan adzan shalat.” (Sunan Abi Dawud, 4441)

Fadhilah Adzan Untuk Bayi yang Baru Dilahirkan

Lalu tentang fadhilah dan keutamaannya, Sayyid ‘Alawi al-Maliki menyatakan:

الأول فعله فى أذن المولود عند ولا د ته في أذنه اليمنى والاقامة في اذ نه اليسرى. وهذا قد نصّ فقهاء المذهب على ند به. وجرى به عمل العلماء الامصار بلا نكير. وفيه مناسبة تا مّة لطرد الشيطان به عن المولود ولنفورهم وفرارهم من الاذان كما جاء في السنّة. (مجموع فتاوىورسائل,112 )

“Yang pertama, mengumandangkan adzan di telinga kanan anak yang baru lahir, lalu membacaka iqomah di telinga kirinya. Ulama telah menetapkan bahwa perbuatan ini tergolong sunnah. Dan mereka yang telah mengamalkan perbuatan tersebut tanpa seorang pun yang mengingkarinya. Perbuatan ini ada relevansi yang sempurna untuk mengusir syetan dari anak yang baru lahir tersebut. Karena syetan akan lari terbirit-birit ketika mereka mendengar adzan, sebagaimana keterangan yang ada dalam hadits.” (Majmu’ Fatawi wa Rasa’il, 112).

Menjadi jelas bahwa adzan untuk bayi yang baru dilahirkan itu memang sunnah hukumnya. Salah satu fungsinya adalah untuk mengusir setan dari anak yang baru lahir tersebut.

Leave your comment here: