BERHATI-HATILAH DENGAN AIR KENCING, KARENA BANYAK YANG DI SIKSA KARENA AIR KENCING

BERHATI-HATILAH DENGAN AIR KENCING, KARENA BANYAK YANG DI SIKSA KARENA AIR KENCING


اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى

سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ الْفَاتِحِ لِمَااُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَاسَبَقَ نَاصِرِالْحَقِّ ‍ بِالْحَقِّ وَالْهَادِى اِلى صِرَاطِك َالْمُسْتَقِيْم وَعَلى الِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ

Keteledoran yang sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan istinjak adalah dalam hal membersihkan diri setelah buang air seni (cebok). Barangkali dalam hal membersihkan diri setelah buang air besar, kita bisa lebih teliti karena apabila kurang bersih, maka akan berbau, disamping itu keluarnya kotoran lebih bisa dikendalikan dan akan terasa oleh kita. Namun tidak demikian halnya dengan buang air seni, sering kali setelah buang air seni, masih ada sisa yang tertinggal yang akan keluar lagi walaupun itu Cuma setetes dua tetes, dan itu sering kita abaikan, karena memang air seni tidak begitu tercium baunya. Nah…. sisa air seni yang keluar inilah yang akan menjadi penyebab tidak sucinya pakaian kita, khususnya celana dalam atau bahkan pakaian luarnya dan ini terjadi tanpa kita sadari. Kejadian inilah yang akan bisa mengantar kita kepada AZAB KUBUR, sebagaimana tersebut dalam hadits.

Abu Hurairah  r.a berkata, bahwa Rasullah saw bersabda : “ Bersucilah setelah buang air seni, karena umumnya siksa kubur itu disebabkan olehnya ”

Sedang dalam riwayat al – Hakim disebutkan, “ Kebanyakan siksa kubur disebabkan oleh buang air seni “

Bulughul Maram nomor  109 dan 110

Pertanyaannya adalah mengapa hal yang pada umumnya disepelekan oleh kebanyakan orang bisa menjadi penyebab menerima azab kubur ??  . Hal ini adalah mudah untuk dimengerti, bahwa ketika kita teledor dalam hal membersihkan diri setelah buang air seni, maka pakaian kita menjadi tidak suci, sehingga ketika kita melakukan sholat, maka sholat itu menjadi tidak sah dan tidak diterima oleh ALLAH swt. Dan ingat SHOLAT adalah hak ALLAH yang harus kita tunaikan, yang merupakan salah satu RUKUN ISLAM, dengan tidak sahnya sholat, maka gugurlah salah satu rukun islam, dan ini menjadikan kita berdosa di hadapan ALLAH yang dikarenakan keteledoran kita, sehingga kelak akan mendapat siksa kubur, bahkan akan menjalani siksa neraka, di akherat kelak. Karena itu Rasulullah mengingatkan kita sebagaimana tercantum dalam hadits tersebut di atas. Karena itu wahai rekan-rekan muslimin dan muslimat,  berhati-hatilah dalam membersihkan diri setelah buang air seni. Semoga kita menjadi umat yang senantiasa mencari keridhoan ALLAH dalam menjalani hidup ini.

Leave your comment here: