MANFAAT BERSIN BAGI TUBUH DAN HAL BERBAHAYA KETIKA BUANG HAJAT

MANFAAT BERSIN BAGI TUBUH DAN HAL BERBAHAYA KETIKA BUANG HAJAT

Bersin adalah cara tubuh menyingkirkan iritan pada hidung seperti debu. Pilek dan alergi sering kali membuat kita bersin.Terkadang terlintas dalam pikiran, bersin tidak berdampak sehat bagi tubuh sehingga akrab kali terdengar ucapan suruhan minum obat bagi yang bersin, bahkan terkadang ada sebagian kita yang menganggap bersin itu hal yang memalukan.

Pertanyaan:

  1. Benarkah bersin tidak berdampak positif bagi tubuh?
  2. Jika itu tidak menyehatkan tubuh, lantas kenapa disaat bersin dianjurkan mengucapkan Alhamdulillah?

Jawaban:

  1. Tidak benar, karena dari bersin itu terdapat nilai positif yang terpuji dalam agama yaitu meringankan badan dimana dengan ini seseorang akan gemar dalam berbeuat taat dan melemahkan syahwat (keinginan).

  1. Karena dampak dari bersin hal terpuji, berkata para Ulama “inilah hikmah dari disunnahkanya bersyukur dengan mengucapkan Alhamdulillah saat bersin”.

I’anatut Thalibin Juz 4 Hal 192.

قوله: فإنه) أي التشميت سنة، لما رواه أبو هريرة رضي الله عنه عن النبي – صلى الله عليه وسلم – قال: إن الله يحب العطاس ويكره التثاؤب، فإذا عطس أحدكم وحمد الله تعالى، كان حقا على كل مسلم سمعه أن يقول له يرحمك الله، وأما التثاؤب فإنما هو من الشيطان، فإذا

تثاءب أحدكم فليرده ما استطاع، فإن أحدكم إذا تثاءب ضحك منه الشيطان.

قال العلماء: والحكمة في ذلك أن العطاس سببه محمود، وهو خفة الجسم التي تكون لقلة الاخلاط وتخفيف الغذاء، وهو أمر مندوب إليه، لانه يضعف الشهوة ويسهل الطاعة، والتثاؤب بضد ذلك.

Hal yang berbahaya ketika buang hajat

Syaikh Sayed Abu Bakar Syata kitab Hasyiah I’anatatu Thalibin menulis banyak hikmah selain hukum-hukum baik ibadah, munakahat, mua’malah dan hudud. Beliau menyebutkan beberapa efek negatif yang disebabkan oleh beberapa hal yang berkaitan dengan Qadha hajat. yaitu:

1. Barang siapa banyak berbicara ketika qadha hajat akan menyebabkan gila.
2. Barang siapa melihat kepada najis yang keluar akan menyebabkan gigi kuning.
3. Barang siapa membuang ingus akan menyebabkan bisu.
4. Barang siapa yang makan ketika qadha hajat akan menyebabkan fakir.
5. Barang siapa banyak memalingkan kepadanya akan dibalakan dengan penyakit was-was.

Hasyiah I’anatu Thalibin Juz 1 hal.112

( فائدة ) من أكثر من الكلام خشي عليه من الجان ومن أدام نظره إلى ما يخرج منه ابتلي بصفرة الأسنان ومن امتخط عند قضاء الحاجة ابتلي بالصمم ومن أكل عند قضائها ابتلي بالفقر ومن أكثر من التلفت ابتلي بالوسوسة

والله أعلم

Leave your comment here: