SYAIKH MUHAMMAD NAJIH MAIMUN(Gus Najih Sarang)

SYAIKH MUHAMMAD NAJIH MAIMUN(Gus Najih Sarang)

MBAH MUN
* Hadlrotus Syaikh Maimoen Zubair :
.
“Anak q Najih iku Kyai angklek ( sangat berbobot )”
.
* Suatu ketika ada seorang Kyai dari Jawa Timur yang ‘alim dan ahlibahtsu masail. Beliau punya ‘azm untuk pergi ke Sarang dan bertemu Hadlrotus Syaikh Muhammad Najih guna mengukur sebarapa kealiman Beliau.
Sesampainya di Sarang, sebelum bersua ke Hadlrotus Syaikh Muhammad Najih, Kyai tadi sowan terlebih dahulu ke Hadlrotus Syaikh Maimoen Zubair.
Sesampainya di dalem, belum sampai matur, Kyai ini tiba-tiba di dawuhi :
.
“Awakmu ora bakal iso ngalahno anakq Najih”
.
Akhirnya kyai ini pun pulang.
.
* K. H. ‘Abdul Ghoni Mannan :
.
“Gus Najih riyen waktu alit nek budal nang Madrosah Ghozaliyyah ikuisuk2an amergo supoyo mripat ora ningali wong wadon kerono iseh sepi. Wis budal isuk kok mripat ketingal wong wadon, Gus Najih nangis keronogetuni”.
.
* Al Habib ‘Abdurrahman Al Khirrid, Sumenep :
.
“Paleng bennyak taoh ka karangnah abuya nikah gus najih. Soalahketab-ketab karangnah Abuya sabellumah ecetak nikah etasheh dhimin dekGus Najih. Mon sareng Gus Najih soro ecetak maka langsung massok kapercetakan”.
.
(paling banyak tahu terhadap karangan Abuya ituGus Najih. Karna kitab-kitab karangan Abuya sebelum di cetak itu ditashih dulu ke Gus Najih. Kalo sama Gus Najih nyuruh cetak maka langsungmasuk ke percetakan).
.
* As Syaikh As Sayyid Hamd ‘Abdul KarimDawah Al Husainy, Pengarang kitab “Imamu Daril Bi’tsah”, menyebutkan dibagian akhir dalam kitabnya (Hal. 254) :
.
“Di antaramurid-murid As Sayyid Muhammad yang tampak dan unggul dalam keilmuan ada 7 orang, salah satunya adalah As Syaikh Najih ibn Maimoen Zubair AlJawiy”.

Leave your comment here: