PAHALA YANG DI TERIMA ORANG TUA DI KUBURAN ATAS BACAAN AL QUR’AN ANAKNYA

PAHALA YANG DI TERIMA ORANG TUA DI KUBURAN ATAS BACAAN AL QUR’AN ANAKNYA

 il                   Sebagian Ahli ilmu berkisah, ada seorang lelaki yang memimpikan Ahli Kubur keluar dari pemakaman dan memunguti apapun yang mereka temukan. Karena Takjub, ia terus berjalan dan bertemu dengan seorang lelaki yang duduk diam tidak ikut memunguti. Dengan heran ia mendekat. Dan bertanya,

“Apa yang mereka pungut?”.

“Mereka memunguti kiriman pahala dari muslimin yang membacakan al Qur’an dan Do’a” Jawabnya.

“Tapi, mengapa engkau tidak ikut memunguti?”.

“Aku sudah tidak membutuhkannya”.

“kenapa? Kok bisa?”.

“Dengan bacaan khatam Al Qur’an yang senantiasa di lakukan anakku yang berjualan Zalaabiyyah/pancake di pasar Anu”.

Setelah terbangun. Ia langsung menuju pasar yang tertunjukkan dalam mimpinya. Dan benar, ia menemukan pemuda yang berjualan pancake dengan mulut berkemak-kemik. Iapun bertanya, “Apa yang kau baca?”. “Aku membaca Al Qur’an dan menghadiahkannya pada orang tuaku yang sudah meninggal” Jawabnya.

Setelah lama berselang. Ia bermimpi tentang orang-orang yang telah meninggal lagi. Seperti mimpi yang pertama. Mereka memunguti hadiah pahala dari para muslimin yang masih hidup di dunia. Namun, ada yan terasa aneh. Karena orang yang dahulu tidak ikut keluar memunguti pahala. Sekarang ikut-ikutan keluar.

Setelah terbangun dari tidur, ia langsung menuju pasar tempat pemuda penjual pancake. Dan tidak ada. Setelah bertanya-tanya ternyata pemuda tersebut telah meninggal.

إعانة الطالبين – (ج 2 / ص 162)

(وحكى) بعض أهل العلم أن رجلا رأى في المنام أهل القبور في بعض المقابر قد خرجوا من قبورهم إلى ظاهر المقبرة، وإذا بهم يلتقطون شيئا ما يدري ما هو.

قال: فتعجبت من ذلك، ورأيت رجلا منهم جالسا لا يلتقط معهم شيئا، فدنوت منه وسألته: ما الذي يلتقط هؤلاء ؟ فقال يلتقطون ما يهدي إليهم المسلمون من قراءة القرآن والصدقة والدعاء.

فقال: فقلت له: فلم لا تلتقط أنت معهم ؟ قال أنا غني عن ذلك.

فقلت: بأي شئ أنت غني ؟ قال بختمة يقرؤها ويهديها إلى كل يوم ولدي يبيع الزلابية في السوق الفلاني.

فلما استيقظت ذهبت إلى السوق حيث ذكر، فإذا شاب يبيع الزلابية، ويحرك شفتيه.

فقلت: بأي شئ تحرك شفتيك ؟ قال أقرأ القرآن وأهديه إلى والدي في قبره.

قال: فلبثت مدة من الزمان، ثم رأيت الموتى قد خرجوا من القبور، وإذا بالرجل الذي كان يلتقط صار يلتقط، فاستيقظت وتعجبت من ذلك، ثم ذهبت إلى السوق لا تعرف خبر ولده فوجدته قد مات.

Kitab I’anatutThalibin juz 2 hal. 162

 

Leave your comment here: