KAJIAN TENTANG KAPANKAH KIAMAT AKAN TERJADI

KAJIAN TENTANG KAPANKAH KIAMAT AKAN TERJADI

Kiamat pasti terjadi ! itu telah menjadi keyakinan kita sebagai muslim yang beriman. Percaya akan adanya hari kiamat merupakan salah satu rukun Iman. Tetapi kapankah kiamat itu akan terjadi ? Tidak ada seorangpun yang tahu, kecuali Allah SWT. Rasulullah sendiri tidak mengetahuinya sebab semua itu menjadi rahasia Allah SWT, yang tidak diberitahukan kepada para hamba-Nya. Sebagai mana yang telah dijelaskan dalam firman-Nya :

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat:

Bilakah terjadinya ?”Katakanlah : “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah sisi pada Tuhanku, tiada seorang pun yang dapat menjelaskan sewaktu kedatangknnya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu, melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu, seakan-akan kamu benar benar mengetahuinya. Katakanlah : “Sesungguh nya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah disisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya (S. Al-A’raf: 187).

Meskipun dalam firman Allah di atas menegaskan, bahwa hanya Allahlah yang mengetahui, tidak ada satupun makhluk di alam ini yang mengetahui tentang kapan hari kiamat itu terjadi, setidak-tidaknya Allah telah memberikan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa kiamat itu sudah dekat.

Adapun tanda-tanda yang menunjukkan tentang dekatnya hari kiamat itu terbagi menjadi dua, yaitu : Tanda tanda sughra dan tanda-tanda kubra. Adapun yang terma suk dalam tanda-tanda sughra adalah :

-. Merajalelanya perzinaan,

– Kemaksiatan dan kedurhakaan sudah menjadi hal yang biasa.

– Merajalelanya orang yang minum khamer (arak).

– Banyak wanita yang dengan bangga memamerkan auratnya.

– Jumlah kaum wanita lebih banyak dari pada jumlah

kaum lelaki.

– Banyak orang membangun dan mempercantik masjid,

tetapi sedikit yang beribadah di daiamnya.

– Dan masih banyak lagi hal-hal yang menunjukkan ten-

tang dekatnya hari kiamat.

Adapun tanda-tanda kubra yang menunjukkan akan

datangnya kiamat adalah sebagai berikut:

– Keluarnya Dajjal.

– Keluarnya Imam Mahdi.

– Keluarnya Ya’juj Ma’juj.

– Turunnya Nabi Isa a.s.

– Terbitnya matahari dari arah Barat.

Masya Allah setelah membaca uraian diatas kita bisa menilai diri kita, menilai dunia saat ini sepertinya ciri ciri diatas sudah ada pada zaman sekarang ini, marilah kita perbaiki amal kebaikan diri kita.

Leave your comment here: