TIDAK AKAN MASUK SURGA ORANG YANG DI DALAM HATINYA ADA SIFAT SOMBONG

TIDAK AKAN MASUK SURGA ORANG YANG DI DALAM HATINYA ADA SIFAT SOMBONG

  1. Apa perbedaan kibir dan takabur
  2. Tidak masuk surga orang yang di dalam hatinya ada sebiji dzarroh daripada sifat kibir. Bagaimana maksudnya ?.

( باب ما جاء في الكبر )

بكسر الكاف وسكون الموحدة ثم راء ، قال الراغب : الكبر والتكبر والاستكبار متقارب ، فالكبر الحالة التي يختص بها الإنسان من إعجابه بنفسه وذلك أن يرى نفسه أكبر من غيره وأعظم ذلك أن يتكبر على ربه بأن يمتنع من قبول الحق والإذعان له بالتوحيد والطاعة ،

والتكبر يأتي على وجهين أحدهما أن تكون الأفعال الحسنة زائدة على محاسن الغير ومن ثم وصف سبحانه وتعالى بالمتكبر ،

والثاني أن يكون متكلفا لذلك متشبعا بما ليس فيه وهو وصف عامة الناس نحو قوله : كذلك يطبع الله على كل قلب متكبر جبار والمستكبر مثله ،

وقال الغزالي : الكبر على قسمين فإذا ظهر على الجوارح يقال تكبر وإذا لم يظهر يقال في نفسه كبر

Bab Tentang Kibr (Sombong)

Kibr itu dengan dikasroh kafnya dan disukun ba’nya kemudian ro’.  Imam Ar-roghib berkata : ” Al-kibr, at-takabbur dan istikbar itu mutaqoorib (saling beredekatan)”.

Al-kibr adalah keadaan yang tertentu pada manusia tentang kekaguman/kebanggaan pada diri sendiri. yaitu memandang dirinya lebih besar/hebat dari pada orang lain. Dan lebih besar lagi dari pada hal itu ketika sombong pada Tuhannya dengan tidak menerima kebenaran dan tidak tunduk pada Tuhannya dengan bertauhid dan taat.

 

At-takabbur itu ada dua macam :

  1. Perbuatan-perbuatan yang baik melebihi perbuatan baik orang lain dan karena itulah Allah subhanahu wa Ta’ala bersifat dengan mutakabbir.
  2. Memaksakan diri terhadap perbuatan baik, merasa kenyang/penuh dengan sifat sesuatu yang tidak ada pada dirinya. dan ini sifat mayoritas manusia. Seperti firman Allah :

كذلك يطبع الله على كل قلب متكبر جبار

Demikianlah Allah mengunci setiap hati orang yang sombong dan sewenang-wenang.

Dan “al-mustakbir seperti halnya al-mutakabbir.”

Al-Ghozali berkata : “Al-kibr ada dua bagian :

– Jika tampak pada anggota-anggota tubuh disebut takabbur.

– Jika tidak tampak maka disebut kibr.”

 Para ulama’ bebeda pendapat mengenai ta’wil sabda Nabi shollallohu alaihi wasallam : “Tidak akan masuk syurga orang yang di dalam hatinya terdapat seberat biji daripada kibir “.

Imam Al Khottobi menyebutkan dua wajah :

  1. Yang dimaksud adalah takabbur dari keimanan, maka orang tersebut tidak akan masuk syurga sama sekali ketika meninggal dalam keadaan tersebut.
  2. Masuk syurga dan di dalam hatinya sudah tidak ada kibir ketika memasuki syurga, sebagaimana firman Allah :

وَنَزَعْنَا مَا فِي صُدُورِهِمْ مِنْ غِلٍّ

” Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam hati mereka “. (QS. Alhijr ayat 47).

Menurut Al-qodhi ‘Iyadh dan selainnya dari ulama’ ahli tahkik, bahwa makna hadits tersebut adalah tidak akan masuk syurga tanpa balasan jika Allah membalasnya. Waqila inilah balasannya jika Allah membalasnya, dan terkadang dimuliakan bahwa Allah tidak membalasnya , bahkan setiap orang yang mengesakan Allah pasti masuk syurga , adakalanya masuk syurga pertama kali, adakalanya masuk nomer dua setelah di siksa, waqila makna hadis adalah tidak masuk syurga bersama dengan orang-orang yang bertaqwa di awal awal.

– Tuhfatul Ahwadzi :

قال النووي : قد اختلف في تأويل قوله صلى الله عليه وسلم : لا يدخل الجنة من كان في قلبه مثقال حبة من خردل من كبر ، فذكر الخطابي فيه وجهين : أحدهما أن المراد التكبر عن الإيمان فصاحبه لا يدخل الجنة أصلا إذا مات عليه ، والثاني أنه لا يكون في قلبه كبر حال دخوله الجنة كما قال الله عز وجل ونزعنا ما في صدورهم من غل وهذان التأويلان فيهما بعد ، فإن هذا الحديث ورد في سياق النهي عن الكبر المعروف وهو الارتفاع على الناس واحتقارهم ودفع الحق ، فلا ينبغي أن يحمل على هذين التأويلين المخرجين له عن المطلوب ، بل الظاهر ما اختاره القاضي عياض وغيره من المحققين أنه لا يدخلها دون مجازاة إن جازاه ، وقيل هذا جزاؤه لو جازاه وقد تكرم بأنه لا يجازيه بل لا بد أن يدخل كل الموحدين الجنة إما أولا وإما ثانيا بعد تعذيب أصحاب الكبائر الذين ماتوا مصرين عليها ، وقيل لا يدخلها مع المتقين أول وهلة انتهى .

Leave your comment here: