PERGUNU JAKARTA ADALAH BUKTI KEBERHASILAN KH. HASYIM ASY’ARI MENDIDIK MURID

PERGUNU JAKARTA ADALAH BUKTI KEBERHASILAN KH. HASYIM ASY’ARI MENDIDIK MURID

Jakarta, NU Online

Keberhasilan pendiri Nahdlatul Ulama Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari dalam mendidik murid-muridnya akan dijadikan kiblat oleh Persatuan Guru NU DKI Jakarta.

Demikian dikatakan Ketua Pergunu DKI Jakarta terpilih Lutfi Hakim Wahid kepada NU Online seusai dirinya dilantik masa khidmat 2018-2023 di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Jumat (19/10).

“Kita akan bawa Pergunu DKI ke pemikiran Kiai Hasyim Asy’ari,” kata Lutfi.

Menurut pria yang karib disapa Gus Lutfi itu, perjuangan Mbah Hasyim dalam mendidik tidak kenal lelah sehingga berhasil menciptakan murid-murid yang mempuni.

“Nah, saya ingin guru-guru Pergunu DKI ini seperti perjuangan Mbah Hasyim yang berhasil menciptakan kader-kader yang mempuni, diterpa apa puan siap,” ucapnya.

Di antara nama-nama murid Mbah Hasyim yang berhasil menjadi orang besar, ialah KH Abdul Wahab Hasbullah, Jombang,KH Bisri Syansuri, Jombang,KH R As’ad Syamsul Arifin, Situbondo, KH Wahid Hasyim (anaknya), KH Achmad Shiddiq, dan KH R Asnawi (Kudus).

Upaya untuk mewujudkannya adalah dengan mengintensifkan pengkaderan dan penanaman iman kepada para guru.

“Nanti melalui pengkaderan dan penanaman iman. Nah, itu kita masukkan ke dalam program-program yang akan kita kerjakan nanti. Kita harus bisa melaksanakan program dan visi misi Mbah Hasyim Asyari,” tegasnya.

Kesuksesan Mbah Hasyim dalam melakukan pengkaderan juga berhasil membuat keturunannya menjadi orang-orang yang berilmu dan bermanfaat bagi banyak orang, seperti KH Abdul Wahid Hasyim dan Gus Dur.

Leave your comment here: